4 Tips Memilih Suplier di Tokopedia

Bagi anda yang ingin menggeluti bisnis dropship sebagai usaha rumahan yang menjanjikan , tentu memilih suplier yang mudah diajak bekerja sama merupakan sesuatu hal yang sangat penting . Karena dari suplierlah anda akan menerima keuntungan yang menjadi urat nadi dropshipping disamping adanya pembeli . Baik pembeli dan suplier merupakan dua faktor penting bagi kelancaran model bisnis dropship ataupun reseller baik online atau offline . Mencari suplier untuk dropshipper bisa kita temukan mulai dari fjb kaskus , tokopedia (situs marketplace) sampai toko-toko di tempat tinggal Anda .

Menarik sekali jika kita memilih atau mencari suplier di tokopedia , situs marketplace yang kini gencar melakukan iklan di tv nasional tersebut menjadi primadona dropshipper untuk mengais rezeki dari bisnis online shop tanpa harus mengeluarkan modal banyak untuk membeli barang dalam partai besar . Kenapa harus mencari suplier di tokopedia ? tidak harus di tokopedia sebenarnya , dimana saja boleh Cuma tokopedia menyediakan barang yang lengkap dengan harga bervariasi sehingga kita bisa menentukan harga jual kembali kepada pembeli sesuka hati . Situs serupa dengan tokopedia misalnya bukalapak , elevania , lamido dan tokoone .

Namun dari situs serupa tersebut tidak ada yang mampu menandingi kelebihan yang dimiliki tokopedia kecuali bukalapak yang dalam beberapa aspek jauh lebih unggul . Bagi anda yang berniat untuk mencari suplier di tokopedia , atau hanya ingin mencoba berbelanja online disana , sebaiknya ikuti tips berikut ini agar Anda tidak kecewa :

•    Pilih penjual yang aktif

tips memilih suplier di tokopedia
penjual tidak akfif

Maksudnya penjual yagn aktif disini ialah penjuat atau merchant terakhir kali masuk ke situs “hari ini” dengan demikian setiap kali ada pemberitahuan invoice order yang masuk , penjual sesegera mungkin untuk memprosesnya pada waktu itu juga . Namun , status hari ini saja tidaklah cukup , terkadang banyak penjual di tokopedia yang “sombong” , meskipun status online hari ini namun ketika dikirimi pesan atau diskusi produk tidak dijawab , sehingga kesan tidak profesional seorang penjual itu terlihat .

•    Jangan terkecoh bintang lima dan gold merchant

Ada beberapa tips bertebaran di internet yang mengatakan kalau mau belanja di tokopedia harus memilih penjual dengan rating bintang lima disemua aspek dan juga yang gold merchant . Namun , kenyataan dilapangan tidaklah demikian , seringkali penjual yang telah memiliki rating bintang lima tersebut sombong-sombong , biar kata status onlinenya hari ini tapi ketika dikirimi pesan tidak dibalas . Sedangkan untuk gold merchant  masih bisa dipercaya karena jumlah penjual yang berstatus gold merchant ini masih sedikit .

•    Pilih penjual yang menyertakan nomor hp atau pin bb di dashboard

Ketika Anda tertarik pada suatu barang yang dijual di tokopedia , selidikilah informasi mengenai penjual atau tokonya . Situs tokopedia meminta nomor hp yang aktif guna memudahkan transaksi baik penjualan atau pembelian , namun tokopedia tidak meminta kepada penjual atau pembeli untuk menyertakan atau menampilkan nomor ponselnya di profil . Nah , ketika anda menemui penjual yang sombong (rating lima tapi respon lelet) sebaiknya cari tahu nomor ponsel atau pin bbnya dari dashboar toko online atau profil siempunya toko .
4 tips memilih suplier di tokopedia
penjual yang informatif

Jika mereka tidak punya nomor ponsel , sebaiknya ditinggal saja . Lebih baik membeli produk ke penjual yang menyertakan nomor ponsel , jadi ketika ada permasalahan apapun Anda bisa memberitahu dengan cepat via sms atau bbm .

•    Jangan tergiur harga murah

Bisa jadi tokopedia akan menghancurkan suasana hiruk pikuk belanja online apabila harga barang disana murah-murahan . Memang , di tokopedia anda bisa menemukan barang yang sama namun memiliki harga jual yang memiliki selisih tinggi . Penjual di tokopedia atau situs sejenis umumnya mengambil keuntungan dalam jumlah sedikit , sehingga mereka bermain pada kuantitas .

artikel lainnya : situs untuk mencari suplier

Ketika anda bingung mencari barang untuk keperluan pribadi , sebaiknya cari harga yang standar atau setengah dari harga terendah ditambah harga tertinggi . Misalnya barang AAA dijual dari rentang harga 30.000 rupiah hingga 50.000 maka anda bisa memilih yang harganya sekitar 35.000-40.000 .

Itulah 4 tips memilih suplier di tokopedia , tips diatas bisa anda terapkan di situs marketplace lainnya seperti bukalapak , elevania , lamido dan tokoone karena memiliki fitur yang mirip . Tips diatas tidak hanya ditujukan kepada dropshipper , namun buat Anda yang sesekali belanja disana juga bisa menerapkan tips diatas . Karena , apalah artinya sistem escrow terintegrasi yang melindung pembeli agar terhindar dari penipuan tapi ujung-ujungnya dana kerap dikembalikan lantaran penjual tidak aktif atau tidak sigap menangani order yang masuk .
Dropship Engine V2 486 x 60
Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
14 April 2016 at 19:51 ×

Terima Kasih Infonya, bisa tidak di bagikan info dimana pusat grosiran tempat pedagang tokopedia mengambil barangnya hehehe

Balas
avatar
admin
1 June 2016 at 22:19 ×

bisa ngambil barang grosiran disini pak
https://www.tokopedia.com/grosirsolo07

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment