Fitur Dink It Promosi Gratis Tiap Jam Tokopedia Mati , Dropshipper Kocar Kacir

Salah satu tempat berjualan yang paling menguntungkan bagi dropshipper adalah marketplace , karena dengan marketplace , seorang dropshipper tidak perlu melakukan iklan berbayar seperti fb ads ; google adwords atau endorse selebgram yang mana semua itu membutuhkan biaya relatif mahal dan belum tentu ada penjualan . Sedangkan marketplace , upload produk jam itu juga ada konsumen yang bertanya atau langsung membeli .


Tapi fitur enak seperti itu rasanya sudah berakhir , tepatnya akhir bulan november 2017 atau awal awal desember 2017 dimana marketplace khususnya tokopedia mematikan fitur dink it yakni promosi gratis tiap satu jam semacam sundulnya kaskus fjb .

Lantas , apakah ini akhir dari bisnis dropship di Indonesia ? tentu saja tidak , karena diluar marketplace banyak media jualan yang lebih profitable dibandingkan marketplace . Justru dropshipper itu harus bermain di luar marketplace agar bisnisnya bisa berkembang dengan keuntungan yang luar biasa (> 50% margin tiap produk) , sedangkan di marketplace kita harus berkutat mengenai judul produk , deskripsi , penentuan harga yang agak murah namun agak mahal dsb yang nyatanya kerja kerasnya lebih tinggi dibandingkan media lain namun hasilnya dibawah media jualan online lain seperti sosmed atau toko online.

Bagaimana cara menyikapi fitur dink it tokopedia yang dimatikan untuk saat ini ? hmm , jika anda bersikeras untuk berjualan di tokopedia maka satu – satunya cara adalah mengikuti aturan permainan disana yaitu sering sering iklan top ads (iklan berbayar) di tokopedia . Tapi jika anda ingin naik kelas , tinggalkan saja platform marketplace untuk bisnis dropshipping . beralihlan ke sosmed atau toko online yang bisa kita handle sendiri tanpa ada aturan main dari pihak ketiga .

Selain fitur dink it yang dimatikan , algoritma kategori pada halaman tokopedia juga berubah . Halaman pertama tiap kategori produk hanya didominasi suplier suplier atau barang yang telah terjual banyak (lebih dari 50 pcs) sehingga untuk mengais pundi pundi uang lewat tokopedia sangatlah sulit . 

Previous
Next Post »
Thanks for your comment