Untung Rugi BBM untuk Jualan Online

Jualan online merupakan bisnis online yang unik , entah anda menjadi dropshipper atau suplier atau bahkan produsen langsung jika sudah masuk ranah online anda harus siap dengan segala alat tempur untuk memuluskan penjualan . Berbagai cara ditempuh untuk menghasilkan konversi yang tinggi sehingga meskipun anda tidak buka toko secara nyata , namun anda bisa mendapatkan profit setara dengan atau bahkan lebih dari toko konvensional , apalagi untuk ibu rumah tangga tentunya berjualan online bisa dijadikan usaha rumahan sekaligus tetap bisa mengurus pekerjaan rumah dengan pundi-pundi uang mengalir tanpa keluar rumah .
untung rugi bbm
BBM

Berbagai cara dilakukan oleh penjual online untuk mendapatkan pembeli setiap hari , ada yang memposting produknya dipuluhan bahkan ratusan grup jual beli di facebook , mengiklankan produk terbaiknya di situs jual beli listing semacam olx atau berniaga , membuat lapak di forum jual beli seperti fjb kaskus , membuat toko online seperti lucumurah.com atau bisa juga dengan beriklan secara berbayar melalui facebook ads atau google adwords , cara lama dengan melalui bbm yaitu memasang status setiap hari setiap menit ; kirim siaran pesan atau biasa disebut broadcast ; ganti gambar profil setiap saat dengan produk kita .

Cara semua itu dilakukan hanyalah untuk mendapatkan pembeli sebanyak-banyaknya dengan beragam cara . Tentunya , tidak semua cara diatas itu menguntungkan , ada juga yang merugikan . Salah satu cara berjualan yang mempunyai dua sisi (untung dan rugi) yaitu dengan berjualan via BBM , ayo siapa yang menggunakan platform bbm untuk meraup penjualan maksimal ? memang ciptaan manusia itu tidak ada yang sempurna , ada baiknya ada buruknya . Lantas , apa saja keuntungan dan kerugian menggunakan bbm untuk jualan online ? mau tahu ? simak ya :

Keuntungan BBM Untuk Jualan Online

•    Update Status sebagai promosi

Tidak seperti platform pesan instan yang lainnya , bbm jauh lebih cerewet untuk masalah update status . Bagi seorang penjual online , menggunakan bbm merupakan sebuah keharusan jika ingin mendapatkan pembeli-pembeli baru yang berdatangan . Cukup dengan mengupdate status secara berkala , seluruh kontak anda akan mendapatkan pemberitahuan yang berisi kicauan status anda .

•    Grup BBM untuk pembeli berpotensi

Layaknya Facebook , bbm juga memiliki grup untuk berdiskusi secara terbatas dengan orang-orang yang Anda undang untuk bergabung di grup yang anda miliki . Dengan memanfaatkan grup bbm , anda sebenarnya sudah punya toko online sendiri dengan basis konsumen yang terbukti telah menjadi konsumen Anda . Updatelah produk-produk terbaru di grup bbm agar konsumen mengetahui informasi produk terbaru Anda secara ekslusif .

•    Pesan Siaran (broadcast)

Seringkali penjual online menggunakan cara broadcast untuk mempromosikan produknya secara “kasar” , pesan siaran seperti “ Andromax U2 800 ribu , minat PM , OLSHOP Terpercaya “ seringkali menghiasi kotak pesan bbm kita dan sebenarnya pesan siaran seperti itu lebih banyak mengganggunya daripada manfaatnya . Orang-orang belum tentu berminat untuk membeli produk yang anda siarkan , alih-alih berpromosi malah kontak anda dihapus oleh mereka .

•    Ada indikator perpesanan

Indikator perpesanan disini maksudnya adalah bbm memiliki semacam pemberitahuan manakala pesan instan yang kita kirimkan itu sudah dibaca atau belum . Ada simbol untuk mengetahui pesan kita telah sampai , telah dibaca , tertunda , tidak terkirim . Kelebihan inilah yang menjadikan platform bbm menjadi primadona penjual online karena dengan melihat status perpesanannya kita sudah bisa menebak apakah pembeli ini serius atau hanya bertanya-tanya saja . Jika kita sudah mengirimkan detail sebanyak-banyaknya namun hanya dibaca saja oleh calon konsumen tanpa ada balasan , berarti calon konsumen tersebut tidak tertarik dengan produk Anda .

Sedangkan untuk kerugiannya juga ada , yaitu :

•    Pesan siaran mengganggu

Pastinya anda geram jika mendapati kontak yang sering melakukan pesan siaran apalagi jika isinya Cuma “invite pin 7545678 ya olshop terpercaya” pasti sangat mengganggu anda . Tapi bagaimana lagi , jika anda sendiri yang mengundang mereka . Tapi jika mereka yang menginvite Anda , pasti langsung anda hapus dari daftar kontak bbm bukan ?

•    Tidak praktis

Manakala ada calon konsumen tertarik dengan produk Anda , mereka akan mengundang pin bbm Anda untuk mengajak bincang-bincang melalui bbm . Ketika anda sudah konfirmasi , lalu hilanglah peredarannya , butuh waktu berjam atau bahkan berhari-hari hingga calon konsumen itu sendiri yang memulai obrolan . Tapi , ketika sudah terjadi obrolan dan calon konsumen tidak tertarik dengan produk Anda , tanpa pamitan atau sejenisnya mereka langsung menghapus kontak Anda . Betapa repotnya calon konsumen tersebut memilih cara untuk mengobrol ? kalau hanya untuk sekedar obrolan untuk bertanya mengenai produk , lebih baik pilih whatsapp saja yang jauh lebih praktis .

•    Grup bbm hanya 50 orang

Dibandingkan grup facebook yang memiliki anggota tak terhingga , grup bbm hanya menyediakan ruang untuk 50 orang . Betapa sedikitnya jumlah anggota grup yang anda masukkan ? apakah dari 50 orang tersebut adalah pembeli potensial yang setiap anda sodorkan produk terbaru langsung tertarik dan membeli produk anda ? tidak bukan ?

Itulah untung rugi bbm untuk berjualan online , tentunya kerugian atau keuntungan tersebut saling melengkapi . BBM hanyalah alat komunikasi untuk memudahkan kedua belah pihak antara penjual dan pembeli untuk mengobrol bersama , masih banyak alat komunikasi atau pesan instan yang memiliki fitur serupa dengan bbm . Pergunakanlah dengan bijak , jangan sampai membuat orang kesal .
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
5 May 2015 at 19:50 ×

Satu hal yang paling penting adalah marketing online nya ya kak? Terimakasih infonya yang bermanfaat! ^_^

Selamat Pusat tokoonline dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment